Membuat Magnet Tapal Kuda Dengan Soldiwork

 






Caranya :
1. Klik pada alat Lingkaran pada Sketch CommandManager. Alat Lingkaran akan diaktifkan dan Circle PropertyManager muncul di sebelah kiri area gambar. 

2. Pindahkan kursor ke titik asal, kemudian klik untuk menentukan titik pusat lingkaran saat kursor mengunci ke titik asal. 

3. Gerakkan kursor secara horizontal ke arah kanan untuk jarak yang agak jauh. Pratinjau lingkaran yang dilekatkan ke kursor muncul. Selain itu, jari-jari lingkaran juga ditampilkan di dekat ujung kursor. 

4. Klik untuk menentukan titik di area gambar ketika radius lingkaran muncul 60 mm di dekat kursor. Lingkaran dengan radius 60 mm telah dibuat. Perhatikan bahwa alat Lingkaran masih diaktifkan.
5. Pindahkan kursor ke titik asal, lalu klik untuk menentukan titik pusat lingkaran lain saat kursor dikunci ke titik asal. 

6. Gerakkan kursor secara horizontal ke kanan dan klik saat radius lingkaran muncul 30 mm
Setelah membuat lingkaran dengan radius 60 mm dan 30 mm, Anda perlu membuat lingkaran konstruksi dengan radius 45 mm yang akan menentukan PCD lubang.

7. Buat lingkaran dengan radius 45 mm yang titik pusatnya berada di titik asal. Setelah membuat lingkaran dengan radius 45 mm, klik kanan pada area gambar dan klik pada Select option pada menu shortcut yang muncul untuk menghentikan pembuatan lingkaran dan keluar dari Circle tool.

Setelah Anda membuat lingkaran dengan radius 45 mm, Anda harus mengonversinya ke dalam lingkaran referensi/konstruksi.

8. Klik pada lingkaran dengan radius 45 mm di area gambar. Circle PropertyManager muncul di sebelah kiri area gambar. Juga, toolbar Pop-up muncul di dekat kursor


9. Klik pada tool Construction Geometry pada toolbar Pop-up, Lingkaran yang dipilih dengan radius 45 mm dikonversi menjadi lingkaran konstruksi, Atau, pilih kotak centang For construction pada Opsi yang ada pada PropertyManager untuk mengkonversi lingkaran menjadi lingkaran konstruksi.

10. Klik pada alat Line di Sketch CommandManager. Sisipkan Garis PropertyManager akan muncul.

11. Tentukan titik awal garis di titik asal, lalu gerakkan kursor secara horizontal ke arah kiri.

12. Klik untuk menentukan titik akhir garis ketika panjang garis muncul 60 mm dan kursor terkunci ke lingkaran luar
13. Klik kanan di area gambar. Menu pintasan akan muncul. Berikutnya, klik opsi End chain (klik dua kali) di menu shortcut untuk mengakhiri pembuatan rantai garis yang berkesinambungan. Namun demikian, Line tool masih aktif untuk membuat entitas garis lainnya.

Saran:Untuk keluar dari Line tool, klik pada opsi Select dalam menu shortcut, yang muncul apabila Anda mengeklik kanan pada area gambar. Jika Anda memilih opsi End chain (klik dua kali) di menu shortcut, pembuatan rantai garis kontinu akan dihentikan, tetapi Line tool tetap aktif.

14. Pindahkan kursor ke titik asal dan klik untuk menentukan titik awal garis ketika kursor terkunci ke titik asal. 

15. Pindahkan kursor secara vertikal ke bawah dan klik untuk menentukan titik akhir garis ketika panjang garis muncul 60 mm dan kursor terkunci ke lingkaran luar

16. Klik kanan di area gambar. Menu pintasan akan muncul. Berikutnya, klik pada opsi Select di menu shortcut untuk keluar dari Line tool.

 Sekarang, Anda perlu membuat lingkaran berdiameter 10 mm. Dari Gambar terlihat jelas bahwa lingkaran berdiameter 10 mm berjumlah 10 buah. Karena diameter semua lingkaran sama dan berada pada PCD (Pitch Circle Diameter) yang sama, Anda dapat membuat satu lingkaran dan kemudian membuat pola melingkar untuk membuat lingkaran yang tersisa. 

17. Klik pada alat Lingkaran di Sketsa CommandManager. Circle PropetyManager akan muncul. 

18. Klik untuk menentukan titik pusat lingkaran ketika koordinat (X, Y, Z) muncul "-45, 10, 0" di Status Bar,  dan lingkaran konstruksi disorot

19. Gerakkan kursor secara horizontal ke arah kanan lalu klik saat radius lingkaran muncul mendekati 5 mm di dekat kursor, lihat  Lingkaran dengan radius mendekati 5 mm telah dibuat dan dipilih di area gambar. Selain itu, pilihan di Circle PropertyManager diaktifkan untuk mengontrol parameter lingkaran yang dipilih.

20. Masukkan 5 sebagai radius lingkaran yang dipilih di bidang Radius pada Parameters rollout di PropertyManager. Selanjutnya, tekan ENTER. Jari-jari lingkaran dimodifikasi menjadi 5 mm. 

21. Klik kanan di area gambar dan kemudian klik pada pilihan Select pada menu shortcut yang muncul untuk keluar dari Circle tool.

22. Klik pada alat Trim Entities di Sketch CommandManager. Trim PropertyManager muncul di sebelah kiri area gambar.

23. Klik pada tombol Trim to closest di peluncuran Opsi pada PropertyManager. 

24. Pindahkan kursor ke bagian entitas yang akan dipangkas, lihat  dan kemudian klik tombol kiri mouse ketika disorot di area gambar. Bagian yang dipilih dari entitas dipangkas

25. Demikian pula, pangkas bagian lain yang tidak diinginkan dari entitas sketsa. menunjukkan entitas yang akan dipangkas dan  menunjukkan sketsa setelah memangkas semua entitas yang tidak diinginkan. 

26. Klik tanda centang hijau pada PropertyManager untuk keluar dari tool Trim Entities.

27. Pilih lingkaran yang sudah dibuat sebelumnya dengan radius 5 mm di area gambar.


28. Klik tanda panah di sebelah alat bantu Pola Sketsa Linier. Tampilan flyout Pattern (Pola) akan muncul,

29. Klik pada alat Pola Sketsa Melingkar di jendela pola. Pratinjau pola melingkar dengan parameter default muncul di area gambar. Juga, Circular Pattern PropertyManager muncul di sebelah kiri area gambar.

30. Kosongkan kotak centang Equal spacing (Jarak spasi sama) pada peluncuran Parameter dari PropertyManager.

31. Masukkan 27 di bidang Sudut pada peluncuran Parameter sebagai sudut antara dua contoh.

32. Masukkan 10 di bidang Number of Instances sebagai jumlah contoh pola yang akan dibuat.

33. Klik tanda centang hijau di PropertyManager. Pola melingkar telah dibuat

Catatan:
Pola melingkar yang ditunjukkan  telah dibuat dengan kotak centang Dimension angular spacing dan Display instance count dipilih pada PropertyManager.



👉Download👈







Komentar